Syarat dan Ketentuan
Advokado.id

  1. Definisi dan Penafsiran
    1. 1. Definisi Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan, definisi ini berlaku:
      1. “Advokado” adalah online platform yang dapat diakses melalui Situs dan/atau Mobile Apps yang mempertemukan antara Pengguna Jasa, selaku pihak yang membutuhkan jasa/bantuan hukum, dengan Rekan Advokado.
      2. “Anda” berarti (i) pengunjung, pembaca, pengguna Situs, pengguna Mobile Apps (ii) Pengguna Jasa, dan/atau (iii) pihak lain menggunakan dan menerima Layanan, selain Rekan Advokado.
      3. “Akun” berarti akun yang Anda peroleh setelah pendaftaran melalui Situs dan/atau Mobile Apps untuk menerima layanan dari Rekan Advokado melalui Mobile Apps.
      4. “Biaya Layanan” berarti biaya yang dikenakan dan ditentukan oleh Rekan Advokado untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan permohonan dan rincian yang diberikan oleh Pengguna Jasa. Biaya Layanan dimaksud ditentukan dan disepakati oleh Rekan Advokado dan Pengguna Jasa pada awal kesepakatan dan sebelum pekerjaan dimulai.
      5. “Biaya Pengelolaan” berarti biaya yang dikenakan oleh PT MHI sejumlah 15% dari nilai total Biaya Layanan, dengan pembagian 10% dari Biaya Pengelolaan tersebut akan dibebankan kepada Rekan Advokado dan 5% dari Biaya Pengelolaan akan dibebankan kepada Pengguna Jasa.
      6. “Daftar Keterangan” berarti keterangan yang diperlukan untuk pelaksanaan layanan, termasuk tapi tidak terbatas pada Informasi Pribadi Anda, keterangan yang disediakan baik melalui Situs dan/atau Mobile Apps atau di luar Situs dan/atau Mobile Apps, sebagaimana dapat diminta oleh dan apabila dipandang perlu oleh PT MHI dan/atau Advokado untuk pelaksanaan layanan dari waktu ke waktu.
      7. “Rekan Advokado”, berarti (i) advokat yang memberikan jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, yang menjadi rekan Advokado; (ii) notaris sebagai pejabat Umum yang berwenang untuk membuat Akta Otentik sesuai dengan ruang lingkup tugas dan wewenang yang ditentukan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.
      8. “Pengguna Jasa”, berarti orang yang telah menggunakan dan/atau mengakses Situs, Mobile Apps dan/atau mengajukan permohonan untuk mendapatkan layanan dari Rekan melalui platform Advokado.
      9. “Hari Kerja” adalah hari selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah.
      10. “Jam Kerja” berarti jam 09.00 – 18.00 Waktu Indonesia Barat setiap Hari Kerja.
      11. “Informasi Pribadi”, berarti tiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Rekan Advokado dan Pengguna Jasa, yaitu nama, nomor identitas, data masalah hukum, lokasi, kontak, serta dokumen dan data lainnya sebagaimana diminta pada formulir pendaftaran Akun atau formulir lainnya pada saat menggunakan Advokado.
      12. “Kebijakan Privasi” adalah ketentuan kebijakan privasi atas Layanan sebagaimana tercantum dalam Situs dan Mobile Apps.
      13. “Layanan” adalah seluruh layanan yang disediakan oleh Advokado, baik melalui Situs atau di luar Situs, Mobile Apps yang diakses melalui handphone, yang meliputi fasilitas untuk pemberian jasa hukum oleh Penyedia Jasa melalui telepon, surat elektronik (e-mail), pertemuan, dan layanan lainnya yang ditentukan oleh Advokado dari waktu ke waktu.
      14. “Materi” berarti artikel, panduan, penjelasan dan/atau keterangan lainnya sehubungan dengan Layanan yang disediakan oleh Advokado pada Situs dan Mobile Apps.
      15. “Mobile Apps” berarti Mobile Aplikasi yang diakses melalui handphone untuk menyediakan Layanan Advokado bagi Rekan Advokado dan Pengguna Jasa.
      16. “PT MHI” berarti PT Meja Hijau Indonesia yang merupakan suatu badan hukum yang memiliki dan menjalankan Situs dan Mobile Apps.
      17. “Situs” adalah situs yang dikelola Advokado dan beralamat domain di https://www.Advokado.id
      18. “Biaya Layanan” adalah biaya yang akan dibayarkan oleh Pengguna Jasa kepada Penyedia Jasa melalui Advokado untuk mendapatkan Layanan.
  2. Layanan
    1. Advokado adalah platform yang mempertemukan pihak yang membutuhkan jasa hukum (Pengguna Jasa) dengan Rekan Advokado. Oleh karena itu, Advokado tidak memberikan jasa hukum secara langsung maupun tidak langsung kepada pihak manapun. Anda memahami dan menyetujui bahwa pemberian Layanan dan pelaksanaan Layanan oleh Advokado: (i) bukan merupakan, tidak dimaksudkan dan/atau tidak dapat ditafsirkan sebagai suatu pemberian jasa hukum, dan/atau (ii) tidak menimbulkan hubungan advokat dan klien antara Advokado dengan Anda dan/atau Pengguna Jasa, sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, sehingga Advokado tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban dalam bentuk apapun berkenaan dengan jasa hukum yang diberikan oleh Penyedia Jasa.
    2. Advokado tidak memiliki kewajiban untuk menerjemahkan dokumen dalam Bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing dan/atau sebaliknya.
    3. Advokado tidak memiliki keahlian dalam memberi saran atau pendapat hokum terkait dengan masalah hukum Anda.
    4. Dalam pelaksanaan layanan, apabila dipandang perlu oleh Advokado, Advokado berhak dan diberikan kewenangan oleh Pengguna Jasa untuk menunjuk atau mengalihkan seluruh atau sebagian Layanan kepada pihak lain tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna Jasa.
    5. Advokado hanya akan memulai Layanan berdasarkan tahap yang ditentukan setelah Advokado menerima pembayaran dari Pengguna Jasa berdasarkan ketentuan pembayaran sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    6. Advokado berhak menolak permintaan atau mengakhiri Layanan apabila berdasarkan pandangan dan pendapat Advokado terdapat indikasi pemalsuan, penipuan dan/atau tindakan lain yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pelaksanaan Layanan
  4. Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini:
    1. Anda bertanggungjawab atas segala pertanyaan, pernyataan, keterangan yang disampaikan atau dikirim kepada Advokado baik melalui Situs dan/atau Mobile Apps maupun di luar Situs dan/atau Mobile Apps. Segala keterangan yang diperlukan untuk pelaksanaan layanan sehubungan dengan Anda sebagaimana diperlukan untuk pelaksanaan layanan, harus dipilih, ditentukan, disediakan, diisi dan/atau dilengkapi oleh Anda dalam Daftar Keterangan.
    2. Anda menyatakan dan menjamin seluruh dokumen dan keterangan yang diberikan kepada Advokado, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, baik itu dokumen yang disiapkan oleh Advokado maupun tidak, baik melalui Situs dan/atau Mobile Apps maupun di luar Situs dan/atau Mobile Apps, baik secara langsung maupun tidak langsung sehubungan dengan Layanan, sebagaimana diberikan oleh Anda atau pihak lain yang ditunjuk oleh Anda (i) telah dibaca, dipahami, disetujui dan/atau ditandatangani oleh atau pihak lainnya yang memiliki kepentingan atas keterangan yang diberikan kepada Advokado tersebut, (ii) merupakan keterangan yang benar, tepat, akurat, tidak menyesatkan, sesuai keadaan yang sebenarnya termasuk tapi tidak terbatas pada kebenaran, keaslian dan keabsahan identitas dan tanda tangan oleh pihak penandatangan dalam setiap dokumen yang diberikan kepada Advokado oleh Anda.
    3. Anda menyatakan dan menjamin pemberian keterangan kepada Advokado tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, rahasia dagang dan perjanjian apapun yang terkait termasuk tapi tidak terbatas pada perjanjian kerahasiaan (apabila ada).
    4. Anda memahami bahwa peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah yang berwenang dapat berubah sewaktu-waktu.
    5. Anda mengakui dan memahami bahwa dengan adanya penundaan, kelalaian dan/atau tidak dapat dipenuhinya Daftar Keterangan oleh Anda dapat mengakibatkan: tertundanya pengajuan Layanan; kelanjutan Layanan; memperlambat waktu proses pengerjaan Layanan; dan/atau timbulnya penambahan Biaya Layanan sesuai dengan harga satuan Layanan yang berlaku.
    6. Rekan Advokado akan menghubungi Pengguna Jasa melalui fitur yang disediakan dalam Mobile Apps setelah Pengguna Jasa melunasi pembayaran Biaya Layanan.
    7. PT MHI berhak untuk memotong langsung Biaya Pengelolaan.
    8. Segala percakapan melalui fitur yang disediakan Advokado antara Rekan Advokado dengan Pengguna Jasa akan secara otomatis terekam oleh sistem di Advokado sebagai arsip. PT MHI tidak akan membuka arsip rekaman percakapan tersebut tanpa persetujuan dari Rekan Advokado dan Pengguna Jasa.
  5. Pendaftaran, Akun dan Akses Pada Situs dan/atau Mobile Apps
  6. Dengan menggunakan atau berpartisipasi dalam Advokado, Anda menyatakan dan menjamin, bahwa:
    1. Anda berusia minimal 21 (dua puluh tahun) tahun atau sudah menikah;
    2. Anda setuju untuk menjadi Pengguna Jasa sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini
    3. Penggunaan Advokado dan Layanan tidak ditujukan untuk melanggar hokum dan peraturan yang berlaku;
    4. Anda bertanggungjawab terhadap ketersediaan koneksi internet, biaya pulsa, biaya telekomunikasi dan/atau biaya lainnya berdasarkan peraturan perundangundangan yang berlaku agar Anda dapat melakukan akses pada Situs dan/atau Mobile Apps.
    5. PT MHI melakukan upaya sebaik-baiknya agar Situs dan/atau Mobile Apps dapat diakses dan digunakan oleh Anda tanpa gangguan dalam bentuk apapun, namun PT MHI tidak memberikan jaminan Situs dan/atau Mobile Apps akan senantiasa dapat digunakan dan dilakukan akses dari waktu ke waktu
    6. Layanan melalui Situs dan/atau Mobile Apps sewaktu-waktu dapat dihentikan atau ditunda untuk sementara waktu karena pemeriksaan, pemeliharaan, perbaikan, perubahan, penambahan sistem pada Situs. Apabila terdapat gangguan terhadap Situs dan/atau Mobile Apps dan/atau sistem pembayaran yang disediakan pada Situs dan/atau Mobile Apps yang disebabkan karena alas an apapun termasuk tapi tidak terbatas pada gangguan virus, jaringan internet, PT MHI akan memberikan pemberitahuan mengenai gangguan tersebut melalui Situs dan/atau Mobile Apps dan/atau email.
    7. PT MHI tidak bertanggungjawab kepada Anda dan/atau pihak manapun atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan Situs dan/atau Mobile Apps atau tidak dapat digunakannya Situs dan/atau Mobile Apps, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena, termasuk namun tidak terbatas pada, gangguan virus, malware atau gangguan lainnya yang berada di luar kekuasaan PT MHI dan dapat mempengaruhi beroperasinya Situs dan/atau Mobile Apps.
    8. Satu Pengguna Jasa hanya dapat memiliki satu Akun. Anda tidak dapat mengalihkan penggunaan Akun kepada pihak lain. PT MHI tidak bertanggung jawab atas penggunaan Akun Anda oleh pihak lain dengan alasan apapun.
    9. Akses masuk ke Situs memerlukan nomor telepon genggam Pengguna Jasa. Anda bertanggungjawab secara penuh atas keamanan kata sandi Akun Anda dan akan segera memberitahukan kepada PT MHI apabila keamanan tersebut telah atau dicurigai telah dirusak, ditembus atau digunakan oleh pihak lain tanpa persetujuan Anda.
    10. PT MHI berhak untuk menangguhkan atau menghentikan sebuah Akun untuk jangka waktu sementara ataupun seterusnya, dengan melakukan pemberitahuan sesegera mungkin, apabila PT MHI memiliki dugaan bahwa Akun telah dirusak, ditembus atau digunakan oleh pihak lain tanpa persetujuan pemegang hak yang sah atas suatu Akun.
  7. Materi dan Layanan
    1. Keterangan yang disampaikan melalui Materi dan Layanan diperuntukkan atau dimaksudkan sebagai pemberian keterangan atau informasi secara umum dan bukan merupakan pendapat hukum. PT MHI melakukan upaya sebaik-baiknya untuk menyediakan Materi dan Layanan yang terkini dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya namun PT MHI tidak menjamin kelengkapan, kebenaran, keberlakuan, ketepatan, kepastian dan/atau kesesuaian Materi dan Layanan pada keadaan yang sebenarnya.
    2. Pemanfaatan keterangan yang berasal dari Materi dan Layanan oleh Anda merupakan tanggungjawab Anda sepenuhnya. Anda disarankan untuk tidak mengandalkan sepenuhnya pada Materi atau keterangan dari Layanan untuk mengambil suatu keputusan atau suatu tindakan apapun tanpa memperoleh pendapat hukum dari Penyedia Jasa dan/atau pendapat dari praktisi hokum lainnya yang kompeten di bidang yang berhubungan dengan masalah hokum Anda.
  8. Pernyataan dan Jaminan
  9. Anda menyatakan bahwa:
    1. Anda menggunakan Layanan berdasarkan itikad baik, tidak bermaksud untuk atau tidak akan melakukan tindakan melawan hukum dalam bentuk apapun terkait dengan penggunaan Layanan termasuk tapi tidak terbatas pada menyalahgunakan, tindakan penipuan atau pemalsuan yang dapat menimbulkan kerugian atau dampak buruk lainnya bagi pihak manapun.
    2. Dalam menggunakan Layanan, Anda menjamin Anda tidak akan: • mengirimkan atau mengunggah ke Situs dan/atau Mobile Apps, pesan elektronik, dokumen dan/atau konten yang memuat atau berisi virus atau perangkat lain yang dapat merusak, mengganggu, membuat tidak berfungsi dan/atau memberikan dampak buruk lainnya baik sebagian maupun keseluruhan bagian dari Situs dan/atau Mobile Apps; dan mengubah, meretas, memodifikasi dan/atau melakukan akses ke Situs dan/atau Mobile Apps dengan melawan hukum.
  10. Biaya Layanan, Biaya Pengelolaan dan Ketentuan Pembayaran
  11. Layanan ini adalah layanan berbayar yang besar dan ketentuannya akan diatur pada ketentuan tersendiri dan merupakan satu kesatuan dengan syarat dan ketentuan ini.
  12. Pengakhiran Layanan
  13. Dengan tidak mengesampingkan hak-hak PT MHI berdasarkan Syarat dan Ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, Layanan diakhiri apabila (mana yang terjadi lebih dahulu):
    1. Pengguna Jasa tidak memenuhi pembayaran sesuai dengan Biaya Layanan, Biaya Pengelolaan dan ketentuan pembayaran;
    2. Pengguna Jasa mengajukan permohonan secara tertulis kepada PT MHI;
    3. Pengguna Jasa dinilai oleh PT MHI telah melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku;
    4. Adanya indikasi penipuan, pemalsuan dan/atau kejahatan sehubungan dengan Layanan yang dilakukan oleh Pengguna Jasa. Dengan berakhirnya Layanan, Pengguna Jasa mengakui dan menyatakan Advokado tidak lagi memiliki kewajiban untuk melanjutkan Layanan.
  14. Hak Kekayaan Intelektual
  15. PT MHI memiliki seluruh hak kekayaan intelektual yang terdapat dalam Materi dan Situs dan/atau Mobile Apps. Anda tidak diperkenankan untuk menyalin, mendistribusikan, menerbitkan, menyebarkan dan/atau menjual bagian atau seluruh dari Materi atau Situs dan/atau Mobile Apps tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari PT MHI.
  16. Pemberitahuan dan Komunikasi
    1. Segala korespondensi kepada PT MHI sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan agar ditujukan secara tertulis pada email berikut: info@advokado.id.
    2. Komunikasi sehubungan dengan Layanan dapat dilakukan secara langsung melalui pertemuan, melalui telepon dan secara elektronik termasuk tapi tidak terbatas lewat e-mail dan layanan aplikasi melalui internet seperti daring percakapan (chatting).
    3. Alamat e-mail dan nomor telepon yang didaftarkan oleh Pengguna Jasa pada Advokado melalui Situs dan/atau Mobile Apps atau di luar Situs dan/atau Mobile Apps akan digunakan oleh PT MHI untuk mengirim kata sandi Akun, status Layanan, keterangan dan pemberitahuan lainnya sehubungan dengan Layanan Advokado. Pengguna Jasa wajib memberitahukan adanya perubahan alamat email dan nomor telepon yang terdaftar pada Advokado. PT MHI tidak bertanggungjawab atas kebenaran alamat e-mail dan nomor telepon yang didaftarkan pada Advokado oleh Pengguna Jasa.
    4. Dengan adanya komunikasi secara elektronik dalam bentuk apapun antara Anda dengan PT MHI dan/atau Advokado, Anda menyetujui komunikasi secara elektronik sebagai bentuk komunikasi yang sah.
    5. PT MHI dan/atau Advokado berhak, tapi tidak memiliki kewajiban, untuk menjawab, membalas pesan, menerima telepon, mengirim e-mail, mengirim pesan, mengirim dokumen, menyanggupi permintaan untuk bertemu dan/atau menerima komunikasi dalam bentuk apapun kepada atau dari Anda mengenai Layanan di luar Jam Kerja dan Hari Kerja.
  17. Hukum dan Penyelesaian Sengketa
    1. Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    2. Apabila timbul perselisihan mengenai penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan perselisihan tersebut akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
    3. Apabila perselisihan tersebut diatas tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) menurut peraturan dan prosedur pada BANI.
    4. Tempat pelaksanaan arbitrase adalah Jakarta dan menggunakan Bahasa Indonesia.
  18. Pembebasan
    1. Anda menyatakan bahwa PT MHI, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, dan/atau perwakilannya tidak bertanggungjawab atas tuntutan, klaim, kerugian (baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan laba, penghasilan, produksi, nama baik, data atau kesempatan), kompensasi, biaya, pengeluaran, beban dan/atau kewajiban dalam bentuk apapun (termasuk biaya jasa hukum advokat) dan kepada pihak manapun, termasuk tapi tidak terbatas pada yang diakibatkan karena atau sehubungan dengan (i) Materi, (ii) Layanan, (iii) kelalaian Anda dalam memenuhi Syarat dan Ketentuan, (iv) pernyataan atau jaminan oleh Anda sebagaimana tertuang dalam Syarat dan Ketentuan dinilai atau ditemukan tidak benar, (v) kunjungan pada Situs dan/atau Mobile Apps atau penggunaan Situs dan/atau Mobile Apps oleh Anda, (vi) penggunaan Akun oleh pihak lain yang menggunakan kata sandi dan kata pengguna Anda, (vii) kegagalan operasional Situs atau tidak dapat digunakannya Situs dan/atau Mobile Apps baik secara sebagian maupun keseluruhan, atau (viii) tindakan Anda yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Dalam hal Pengguna Jasa memberikan kuasa pada PT MHI, karyawan PT MHI atau pihak lain yang ditunjuk oleh PT MHI sebagai penerima kuasa untuk melakukan tindakan untuk dan atas nama Pengguna Jasa sehubungan dengan Layanan, dengan ini Pengguna Jasa menyatakan bahwa Pengguna Jasa membebaskan penerima kuasa termasuk penerima kuasa substitusinya tersebut dari segala tuntutan, klaim, kerugian (baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan laba, penghasilan, produksi, nama baik, data atau kesempatan), kompensasi, biaya, pengeluaran, beban dan/atau kewajiban dalam bentuk apapun (termasuk biaya jasa hokum advokat) atas segala hal yang diakibatkan oleh pemberian kuasa tersebut.
    3. Pengguna Jasa menyatakan bahwa PT MHI, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, perwakilannya, dan/atau pihak yang ditunjuk oleh Pengguna Jasa sebagai penerima kuasa sehubungan dengan Layanan tidak akan menjadi suatu pihak dalam satu atau lebih sengketa yang melibatkan Pengguna Jasa.
    4. Ketentuan ini akan tetap berlaku meskipun terjadi pengakhiran Layanan dan/atau penutupan Akun.
  19. Ketentuan Lain-lain
    1. Dengan Anda menggunakan dan melanjutkan penggunaan Situs dan/atau Mobile Apps dan Layanan, maka Anda telah menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi.
    2. PT MHI berhak untuk mengubah sewaktu-waktu Syarat dan Ketentuan, Materi dan/atau Layanan, dengan pemberitahuan melalui pengumuman di Situs dan/atau Mobile Apps atau sarana lainnya yang dipandang wajar oleh PT MHI. Anda disarankan untuk senantiasa memeriksa Situs dan/atau Mobile Apps secara berkala untuk memastikan adanya perubahan tersebut. Anda diberi hak sepenuhnya untuk keluar dari Situs dan/atau Mobile Apps dan/atau mengakhiri penggunaan layanan Advokado apabila Anda tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi serta perubahan-perubahannya tersebut. Dengan dilanjutkannya penggunaan Situs dan/atau Mobile Apps atau penggunaan Layanan oleh Anda setelah perubahan tersebut merupakan bentuk persetujuan dari Anda atas perubahan tersebut.
    3. Apabila terdapat 1 (satu) atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan ini dinyatakan tidak sah, tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak dapat dilaksanakan dan/atau dinyatakan tidak berlaku oleh Pejabat Yang Berwenang, maka ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan tetap berlaku
    4. Kegagalan, penundaan atau pengesampingan oleh PT MHI untuk pelaksanaan atau penegakan setiap ketentuan Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan, tidak dapat diartikan sebagai pengesampingan hak-hak PT MHI atas ketentuan tersebut atau ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan dan/atau Daftar Keterangan.